Translate

Friday, September 21, 2012

ukiran tradisional indonesia

Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri atas berbagai pulau-pulau dan suku budaya yang sangat beragam sekali. Dalam berbagai daerah yang ada di Indonesia ini mempunyai aneragam seni dan kebudayaan khas yang hanya dimiliki oleh daerah tersebut. Salah satunya adalah jenis seni ukir, memang di daerah Indonesia ini mempunyai banyak sekali motif-motif ukir khas tradisional yang mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Motif ukiran ini di pengaruhi oleh budaya dan nilai-nilai kepercayaan dimana motif ukiran tersebut diciptakan. Dalam motif ukir khas daerah masing-masing biasanya mengandung cerita bagaimana asal muasal ukiran ini diciptakan sebelumnya. Oleh karenanya itu sekarang banyak ukiran khas indonesia ini banyak di minati oleh turis-turis asing, serta mempunyai harga jual yang sangat mahal sekali.
Dibawah ini contoh motif ukiran khas tradisional dari daerahnya masing-masing:

Ukiran tradisional khas Jepara

Kabupaten Jepara terkenal dengan ukiran kayu para pengrajinnya yang sangat khas.  Ukiran ini mereka namakan dengan istilah ukiran Jeporonan, yang bermakna ukiran dan meubel dari Jepara.

Ukiran dan kerajinan Jepara memang khas dan diminati konsumen, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Namun tahukah Anda kemahiran pengrajin Jepara ini konon berhubungan dengan sebuah cerita legenda yang menyertainya.
read more



Ukiran tradisional Khas cirebon


Motif Cirebon ini berbeda dengan motif khas jepara. Perbedaannya jelas dari daun pokok, ulir, angkup, serta terdapat motif karang dan awan.
Bentuk ukiran daun motif Cirebon ini berbentuk cembung dan cekung (campuran). Corak motif ukiran ini ada yang berbentuk karang adapula yang berbentuk awan, menyerupai ukiran Tiongkok.
read more



ukiran tradisional khas papua

Bagi suku Asmat, seni ukir kayu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang telah turun temurun menjadi suatu kebudayaan yang bukan saja dikenal di Papua dan Indonesia, melainkan sudah ke seluruh dunia. Bagi setiap turis asing yang berkunjung ke Papua, rasanya kurang lengkap apabila tidak mengenal atau membeli cenderamata karya ukir suku Asmat dalam berbagai ukuran.

read more



Motif/ ragam hias Pajajaran
Ragam hias ini banyak terdapat di Jawa Barat karena merupakan hasil dari budaya dari kerajaan pajajaran. Peninggalan yang masih sampai sekarang banyak terdapat di makam Sunan Gunung Jati. Dalam ragam hias ini kelihatan bentuk-bentuk bulat karena semua bentuk ukiran di ekspreskan dengan buladan / cembung.
Ragam hias Pajajaran terdiri dari:
read more





2 comments: